Derita Kanker Tenggorokan, Val Kilmer Gunakan Teknologi AI di Top Gun

Val Kilmer kembali memerankan karakter Tom “Iceman” Kazansky, di Top Gun: Maverick yang kini tayang di bioskop. Kehadirannya sebagai sahabat sekaligus rival Tom Cruise itu menjadi surprise yang menyenangkan untuk penonton. Pasalnya, aktor berusia 62 tahun itu diketahui sedang menghadapi penyakit kanker tenggorokan sehingga menarik diri dari dunia akting. Ia juga kehilangan suaranya, setelah menjalani sejumlah perawatan, termasuk trakeotomi, sehingga tak bisa bersuaca dan berbicara dengan normal.

Namun para penoton Top Gun: Maverick akan mendapati adegan di mana aktor tersebut sempat berbicara normal dengan suara lamanya, sebelum jatuh sakit. Rupanya, hal ini mungkin terjadi karena Val Kilmer bekerja sama dengan Sonantic, perusahaan teknologi asal London, yang menggunakan teknologi kecerdasan buatan untuk menciptakan kembali suaranya. Sonantic menggunakan rekaman lama suara Val Kilmer agar terlihat seolah-olah dia berbicara dalam film tersebut. Hal itu dilakukannya demi bisa tampil seoptimal mungkin dalam sekuel Top Gun, yang tayang 36 tahun setelahnya itu.

“Mereka menghormati warisan Iceman dan dia sangat terpesona dengan itu,” kata Jack Kilmer, putranya, dalam wawancara Agustus 2021 lalu. Keterlibatan kembali Val Kilmer sendiri tak lepas dari campur tangan Tom Cruise yang ngotot agar rekannya itu dilibatkan kembali. “Dia berkata, ‘Kita harus melibatkan Val, kita harus mengajaknya kembali. Kita harus menyertakan dia di film,'” kata produser film Top Gun: Maverick, Jerry Bruckheimer “Kami semua menginginkannya, tetapi Tom benar-benar bersikeras bahwa jika dia ingin membuat ‘Top Gun’ yang lain, Val harus ada di dalamnya.”

Produser kenamaan Hollywood itu juga mengatakan Val Kilmer sempat hadir langsung ke lokasi syuting dan berjumpa dengan kru dan para pemeran lainya. “Itu adalah pengalaman yang sangat emosional bagi kita semua.” Val Kilmer merupakan sedikit dari bintang lama yang kembali hadir dalam film ini, selain sang aktor utama, Tom Cruise. Sejumlah pemeran lainnya merupakan bintang baru yang lebih muda dengan karakter yang juga berbeda. Beberapa wajah lama Kelly McGillis dan Meg Ryan juga tidak ikut terlibat dalam film ini.

 

Satu Basalan pada “Derita Kanker Tenggorokan, Val Kilmer Gunakan Teknologi AI di Top Gun”

  1. A WordPress CommenterJanuari 19, 2023 pada 8:57 amBalas

    Hi, this is a comment.
    To get started with moderating, editing, and deleting comments, please visit the Comments screen in the dashboard.
    Commenter avatars come from Gravatar.

Tinggalkan Komentar